O.A.T Theory #4

Pengertian Administrasi Keuangan
Hasil gambar untuk pengertian administrasi keuangan
  • The Liang Gie
Administrasi keuangan merupakan proses pengurusan atau penyelenggaraan, penyediaan, dan penggunaan uang dalam setiap usaha kerja sama. Administrasi keuangan juga dapat berarti rangkaian kegiatan. Penataan yang berupa penyusunan anggaran belanja, penentuan sumber biaya, cara pemakaian, pembukuan.
  • Menurut Istilah
Administrasi keuangan terdiri dari 2 kata yaitu, administrasi dan keuangan. Pengertian administrasi mengacu pada organisasi dan manajemen usaha manusia dalam mengejar tujuannya. Kata keuangan mengacu pada sumber daya moneter.
Jadi, pengertian administrasi keuangan mengacu pada serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan membuat uang yang tersedia untuk berbagai cabang organisasi yang memungkinkan utuk melaksanakan maksud dan tujuannya.
  • Kesimpulan
Secara singkat pengertian administrasi keuangan menurut para ahli terbagi menjadi dua:
  1. Pengelolaan keuangan, pengertian ini adalah pengertian administrasi secara luas, dalam pengertian ini terkandung proses pengaturan serta penetapan kebijakan yang berkaitan dengan pengaduan maupun pemanfaatan keuangan, sehingga tugas-tugas pokok dapat terwujud efektif dan efisien.
  2. Tata usaha keuangan, ini adalah pengertian administrasi keuangan secara sempit yang berarti administrasi keuangan yang berkaitan dengan proses menerima, menyimpan, serta mengelarkan uang dengan aktivitas pembukuan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ensiklopedia #5

Art #5

O.A.T Theory #3