Ensiklopedia #3

Null??

Angka ini pasti sering kita pakai dalam kegiatan sehari-hari. Apalagi sebagai seorang pelajar, di sekolah kita sering menemui pada pelajaran matematika. Lalu, siapakah yang menemukan angka nol?? kita ulas pada episode ini.

Hasil gambar untuk nol



Al-Khawarizmi merupakan penemu angka nol. Ia merupakan seorang ilmuan matematika sekaligus penerjemah karya-karya Yunani kuno. Pada saat itu angka nol sudah berkembang pada zaman Babilonia dan Yunani kuno. Hingga akhirnya diperkenalkan oleh ahli matematika asal India bernama Brahmagupta pada abad ke-7. Dengan sifat bilangan nol menurut kisah Brahmagupta, sebagai berikut:
  1. Suatu bilangan bila dijumlahkan dengan nol jumlahnya tetap,
  2. Sebuah bilangan bila dikalikan dengan nol akan menjadi nol,
  3. Tetapi Brahmagupta menemui kesulitan dan cenderung ke arah yang salah, ketika berhadapan dengan pembagian oleh bilangan nol "sebuah bilangan dibagi oleh nol adalah tetap". 
Dari hal itu dapat kita simpulkan bahwa angka nol merupakan perihal yang tidak dapat dihilangkan dari kehidupan sehari-hari. Terlebih nol merupakan angka awal dari sebuah rumus trigonometri. Apabila, tidak ada nol maka tak ada trigonometri, apabila tidak ada trigonometri tidak ada segitiga, apabila tidak ada segitiga tidak ada teknologi di dunia ini. Bahkan, bisa jadi atap rumah, arsitektur monas, menara eiffel, dan cone ice cream tidak akan ada. Sungguh menyedihkan. Maka dari itu, berterima kasihlah kepada orang-orang yang berjasa pada kita.

Semoga Bermanfaat. Salam O.A.T!


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Art #5