Ensiklopedia #5

Apa Alasan Keyboard Disusun Acak?

Artikel ini masih ada kaitannya dengan pemilik blog ini. Para calon sekretaris (Amin..) yang selalu mengotak-atik keyboard. Tentulah harus tahu sejarah keyboard ini, terutama alasan urutan tombol pada papan ketik. Inilah alasannya.

Hasil gambar untuk keyboard

Keyboard (papan ketik) ditemukan oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1868. Bentuk papan ketik pertama kali belum sebagus sekarang. Awalnya, keyboard dibuat dengan huruf yang urut menggunakan tangkai untuk ditekan. Dari huruf yang urut ini orang-orang dengan mudah menghafal huruf yang ada dan kecepatan dalam mengetik juga lebih meningkat. Tetapi papan ketik ini tak dapat bertahan lama dengan kecepatan mengetik tinggi. Sehingga munculah desain keyboard terbaru yaitu QWERTY. Susunan ini dicuptakan untuk memperlambat kecepatan mengetik. Namun, di era mosern ini papan ketik sudah tidak lagi menggunakan tangkai jadi, tombol keyboard lebih flexible. Meski sekarang untuk mengetik dalam kecepatan tinggi tidak bermasalah, tetapi lantaan desain QWERTY ini sudah terbiasa dipakai. Maka, orang-orang lebih hafal menggunakan susunan ini.

Dari teks di atas telah dijelaskan apa sebenarnya alasan keyboard disusun secara acak atau tidak sesuai dengan urutan abjad yang sebenarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Art #5

Technology #2