Ensiklopedia #7


Bukan Hanya Burung Hantu, Tetapi ada Kepiting Vampir Juga
Di jagat raya ini, tidak hanya kita yang hidup. Makhluk lain juga banyak yang hidup di sekitar kita. Termasuk hewan. Ada beberapa hewan yang dinamai dengan nama yang menyeramkan. Yang kita tahu sejak dulu ialah Burung Hantu atau bahasa latinnya Strigiformes. Namun ada juga hewan yang baru kita kenal belakangan ini yaitu, Kepiting Vampir. Terkadang dalam pikiran kita saat baru mendengar nama itu terbayang seramnya hewan tersebut. Akan tetapi, dugaan kita salah. Kepiting jenis ini justru unik dan diburu banyak orang.
Hasil gambar untuk kepiting vampir

Warnanya sangat menarik. Ungu dan oranye pada kedua capitnya. Matanya kuning tajam. Ternyata selain warna tubuh yang menarik, juga dapat digunakan sebagai fungsi yang vital. Biasanya warna tubuh kepiting ini digunakan untuk berinteraksi dengan kepiting lain.

Dari kepiting ini, pasti kalian penasaran dengan asal-usul habitat hewan yang satu ini. Menurut para ilmuwan belum diketahui secara pasti asal muasalnya. Namun kabarnya, Kepiting Vampir berasal dari Pulau Jawa. Seperti yang telah disebutkan dalam jurnal Raffles Bulletin of Zoology bahwa Kepiting Vampir tersebut berasal dari Pulau Jawa, Indonesia dan kini sudah ada dua spesies yang diketahui yaitu Geosesarma dennerle dan Geosesarma hagen.

Akan tetapi Peter mengatakan bahwa kepiting jenis ini mulai berkurang populasinya maka kita harus melestarikannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ensiklopedia #5

Art #5

O.A.T Theory #3